Friday, August 5, 2011

Kurma dari Tomat


Kurma adalah buah impor dari Arab,dan identik dengan rasanya yang legit,sangat nikmat bila di nikmati pada saat berbuka puasa.namun apa jadinya jika buah tomat di olah manjadi kurma? seperti Asep Sopari (pengusaha kurma dari tomat) warga Dukuh Wringin,Wanasari,Brebes.

Asep menggeluti usaha ini sejak tahun 2006 lalu, ide pembuatan kurma jawa ini ,muncul akibat melimpahnya buah tomat yang di jual dengan harga murah.

Pada hari-hari biasa ,asep memproduksi 20-30 kilogram per hari,namun pada saat bulan ramadhan,permintaan semakin meningkat dan asep bisa memproduksi sampai 100 kilogram per harinya.

Selain bahan dasarnya yang mudah di dapat,cara pembuatannya pun tidaklah sulit.buah tomat segar kemudian di tusuk-tusuk dengan garpu hingga merata kemudian tomat di rendam dengan air kapur sirih selama 2 jam,setelah itu buah tomat tersebut di buang bijinya,kemudian di rendam dengan gula pasir selama dua jam,perbandingannya 5 kilogram buah tomat di kasih 1 kilogram gula pasir.Setelah matang kemudian di tiriskan selama satu malam,dan paginya di jemur di bawah sinar matahari selama 2-3 jam hingga kadar air di dalamnya berkurang.

Setelah di jemur,kurma jawa tersebut di kemas dalam plastik.Selain rasanya yang seperti kurma,bentuknya pun menyerupai kurma Arab.harganya pun terjangkau mulai dari 10- 15 ribu an.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment