Saturday, September 24, 2011

Tips Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri pada saat datang bulan / Haid memang sangat mengganggu bagi para wanita.Tapi itulah yang terjadi.Di setiap bulan,secara periodik seorang wanita normal akan mengalami masa reproduksi atau menstrulasi.

Dahulu , wanita yang menderita pada saat haid cuma bisa menahan rasa sakit itu,tanpa tau apa yang harus di lakukannya. Namun pada saat ini para ahli atau kedokteran telah mengembangkan "Nyeri pada saat haid" dengan tujuan untuk mengatasi nya.

Nyeri pada saat haid bisa di sebabkan karena suatu proses penyakit (radang pinggul),selaput darah atau vagina tidak berlubang,stress atau rasa cemas yang berlebihan dan lain-lain.

Ada beberapa macam jenis nyeri haid di antaranya adalah : dismenore spasmodik dan dismenore kongestif.

1. nyeri spasmodik akan terasa di bagian perut dan biasanya nyeri ini berawal sebelum haid atau segera setelah haid. Nyeri yang seperti sangat mengganggu dan banyak para wanita yang terpaksa berbaring tanpa mengerjakan apapun,bahkan adapula yang sampai muntah-muntah dan pingsan.

2. nyeri kongestif akan di rasakan oleh wanita biasanya 3 hari sebelum datang bulan / haid.Biasanya rasa nyeri yang di rasakan pegal,sakit pada buah dada,perut kembung,mudah tersinggungdan lain-lain.

CARA MENGOBATI ATAU MENGURANGI NYERI PADA SAAT HAID:

1. obat
Ada banyak sekali iklan yang menjanjikan obat anti nyeri pada saat datang bulan dan kita bisa mengkonsumsi obat tersebut dengan catatan kita harus mengerti kalau obat tersebut memang aman di konsumsi.

2. rileksasi
Tubuh kita akan bereaksi pada saat kita stress atau rileks.maka dari itu kita butuh releksasi agar tubuh kita tidak mengalami ketegangan berkelanjutan.
Ada beberapa gerakan rileksasi yang di percaya dapat menghilangkan kram pada satt datang bulan yaitu peregangan kucing.

3. Alternatif atau pengobatan tambahan bisa di lakukan seperti ; kompres air hangat,olah raga teratur, terapi visualisasi dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment