Friday, September 23, 2011

Cara Membuat Paspor


Kurang-lebih enam minggu lagi aku pulang kampung ke Indonesia,jadi aku harus memastikan berkas-berkas saya dalam keadaan aman,seperti Paspor,Visa dan surat-surat lainnya.Maka dari itu aku harus pastiin semua dalam keadaan baik-baik aja.

Paspor misalnya,jika Paspor hilang atau rusak,waduuuhhh bisa panjang urusannya kalau itu terjadi.tp jangan sampai terjadi deh,soalnya bisa makan waktu dan uang juga.

Semenjak aku melangkahkan kaki di Negeri Sakura ini,aku jagain tuh paspor dengan baik,aku taruh di dalam plastik kemudian aku masukin ke dalam tas dan aku taruh di koper biar aman terkendali lah heheheee,,,,

Kalau bukan aku yang jaga ,siapa lagi??? hehehe Soalnya paspor itu penting,Paspor kan dukumen resmi negara yang di keluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara, yaaa )Istilahnya Paspor itu identitas lah,seperti KTP gitu deh,cuma kalau Paspor ini di perlukan jika kita melakukan perjalanan ke luar negeri,makanya kalau pengen keliling dunia,bikin paspor dulu ke Kantor Imigrasi, kalau tidak,,bersiaplah di kejar-kejar polisi karena di anggap Ilegal,,,,hehehehe.

Jangan khawatir, mudah kok cara buat paspor.
sebelum baca cara membuat paspor, buat kopi dulu deh biar gak ngantuk.
ini dia cara membuat paspor di Indonesia:

1. mengisi formulir permohonan paspor RI,yang tersedia di kantor Imigrasi.harus lengkap dan sesuai Identitas asli.
2. melampirkan berkas seperti Kartu Tanda Penduduk,Akte Kelahiran,Surat Tanda Tamat Belajar,Surat Nikah(bagi yang sudah nikah).berkas-berkas ini di lampirkan asli dan foto kopi.
3. jangan lupa,sediakan uang buat administrasi,Bagi pemohon harus melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

Setelah kita melengkapi semuanya,kita harus antri dulu,duduk manis menunggu giliran untuk di panggil oleh petugas dan inget,selama menunggu panggilan jangan nongkrong di warung bakso,,,,hehehe

Selama kita nunggu giliran untuk di panggil ,biar gak bosen kita bisa sms-an,FB-an de el el,asalkan jangan telpon-telponan soalnya itu akan bikin ruangan berisik.

Setelah kita mendapatkan panggilan,kita masuk ke sebuah ruangan ,akan di tanya ini-itu seputar Identitas kemudian di minta sidik jari.habis itu selesai dehhh.

" Gampang kan, semoga bermanfaat yah"

No comments:

Post a Comment